Seminar Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Golongan II Angkatan I

Seminar Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Golongan II Angkatan I


Menurut Kepala BKPSDM Kab Darmasraya bahwa setiap cpns harus dan wajib mengikuti pendidikan dan latihan tingkat dasar atau disingkat dengan Latsar, saat ini 35 org cpns kabupaten Dharmasraya golongan II angkatan I sedang mengikuti kegiatan latsar tersebut dan setelah 18 hari mengikuti kegiatan latsar untuk menempa kedisiplinan dan mendalami pengetahuan terkait nilai-nilai dasar PNS serta peran dan kedudukannya dalam NKRI, senin tgl 16 september 2019 peserta latsar golongan. II angkatan I mengikuti seminar rancangan aktualisasi.

Kegiatan ini merupakan upaya mengimplementasikan nilai-nilai dasar PNS. Dalam pelatihan ini, implementasi tersebut merupakan tahap aktualisasi dan habituasi. Sebelum peserta mempraktekkan nilai-nilai tersebut di instansi masing-masing, peserta merancang sebuah inovasi sederhana yg diangkat dari isu-isu yang terdapat pada intansi peserta melalui analisi USG. Diharapkan dengan mengangkat isu tersebut dan menciptakan sebuah inovasi kecil sehingga mampu menyelesaikan masalah yang terdapat instansi mereka tersebut.

Peserta dibagi ke dalam 4 kelompok, dan mempresentasikan inovasi tersebut pada seminar rancangan aktualisasi dihadapan mentor, coach, dan penguji. Mentor selaku atasan langsung mendukung terlaksananya rancangan aktualisasi peserta, sedangkan coach merupakan widyaiswara BPSDM Provinsi Sumatera Barat yang membimbing peserta agar terlaksananya laporan aktualisasi dan penguji bertugas menguji rancangan aktualisasi peserta.

Pada kesempatan ini hadir Kandam, S. Sos plt. Inspektur dan Darmawan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku mentor. selain itu mentor yg hadir juga terdiri dari 4 orang berasal dari RSUD Sungai Dareh dan 4 lainnya dari Puskesmas-puskesmas di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya.

Keseluruhan rancangan aktualisasi akan dilaksanakan oleh peserta di instansi masing-masing dan nantinya akan di presentasikan dan di buktikan pada seminar hasil aktualisasi pada 4 november 2019 mendatang.