Pemerintah Kab. Dharmasraya kembali menggandeng BPSDM Provinsi Sumatera dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar bagi CPNS

Pemerintah Kab. Dharmasraya kembali menggandeng BPSDM Provinsi Sumatera dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar bagi CPNS


Padang (09/10), Asisten Administrasi Umum Drs. Martoni, Apt, M.Kes membuka secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Angkatan II Tahun Anggaran 2019 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat.

Sebanyak 35 orang CPNS yang diangkat sesuai dengan formasi tahun 2018 mengikuti Pelatihan Dasar. Latsar kali ini merupakan Latsar Gol. III Angkatan ke-II yang dilaksanakan bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sumatera Barat.

Sejalan dengan ditetapkannya UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungpjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Pelatihan Dasar CPNS selain sebagai syarat pengangkatan menjadi PNS, berdasarkan Peraturan Kepala LAN RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS juga bertujuan untuk mengembangan kompetensi CPNS yang dilakukan secara integrasi. Kompetensi dapat dilihat dari kemampuan PNS dengan menunjukkan Sikap Perilaku Bela Negara, mengaktualisasikan nilai nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan, mengaktualisasikan kedudukan dan peran dalam kerangka NKRI dan menguasai kompetensi Teknis sesuai bidangnya

Asisten Administrasi Umum dalam sambutannya berharap agar CPNS yang ikut latsar saat ini kedepannya mampu menjadi pegawai yang profesional, punya dedikasi dan memiliki disiplin yang tinggi. CPNS yang diseleksi dengan sistem yang ketat dan kompetensi yang tinggi diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan memberikan warna yang baru / inovasi pada organisasi tempat bekerja.